Penyebab Jerawat Menurut Letaknya

Klinik Kecantikan di Jakarta Selatan, AVEIA CLINIC —Jerawat adalah masalah kulit yang menghantui sejumlah orang. Problem kulit ini seringkali muncul di wajah atau punggung, mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Jerawat umumnya disebabkan karena kelebihan produksi minyak dan sebum yang menyumbat pori-pori hingga menyebabkan infeksi dan peradangan pada permukaan kulit. Kelebihan produksi minyak dan sebum ini bisa jadi karena gangguan pada keseimbangan hormon tertentu, alergi, atau nutrisi yang kurang seimbang.

Tetapi jerawat ternyata juga merupakan tanda dari gangguan kesehatan yang diderita tubuh. Menurut Claire Georgiou, Reboot Naturopath, B.HSc ND, seorang ahli nutrisi dan herbal Australia, letak jerawat di wajah Anda menunjukkan gangguan kesehatan yang Anda derita.

1. Area dahi dan pelipis
Jerawat yang muncul di bagian dahi dan pelipis umumnya berhubungan dengan alergi terhadap makanan tertentu, kelebihan konsumsi makanan cepat saji atau kalengan, alkohol dan lemak jenuh. Tipe jerawat seperti ini juga menunjukkan ketidakseimbangan kadar gula dalam darah dan gejala dehidrasi.

Untuk menyembuhkannya bisa minum banyak air, mengubah pola makan dengan makanan yang lebih sehat, dan kurangi konsumsi gula dalam makanan serta minuman yang di konsumsi.

2. Pelipis
Jerawat yang muncul di pelipis saja biasanya berhubungan dengan masalah ginjal. Untuk mengatasinya bisa mengkonsumsi  banyak air. Lebih baik pilih air mineral dan jus buah alami.

3. Di antara mata
Jika jerawat muncul di antara mata ini merupakan tanda gangguan pada kesehatan liver dan sistem pencernaan. Kurangi konsumsi makanan yang sulit dicerna oleh tubuh seperti gula sederhana, soda, kafein, dan alkohol. Perbanyak konsumsi serat dan air untuk membantu pencernaan.

4. Dagu dan rahang
Jerawat yang bermunculan di area dagu dan sepanjang garis rahang? Itu merupakan tanda dari gangguan hormon. Biasanya jerawat seperti ini muncul saat mendekati masa haid. Untuk mencegahnya, harus cukup istirahat. Hindari tidur terlalu larut dan minumlah vitamin E atau vitamin C.

5. Dagu
Jerawat di bagian dagu cuma berarti satu hal. Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan gula.

6. Pipi
Jerawat di pipi merupakan tanda bahwa kesehatan paru-paru terganggu. Kebiasaan merokok (atau menjadi perokok pasif), polusi udara, atau alergi debu bisa jadi penyebabnya. Untuk mengatasinya tentu saja Anda harus menghindari sumber polusi, asap rokok, dan biang alergi.

7. Hidung
Jika jerawat muncul di area hidung (bagian bawah dan di dalam lubang hidung) itu artinya sedang mengalami gangguan kesehatan jantung. Konsumsi makanan yang baik untuk jantung seperti ikan, oatmeal, almond, alpukat, buah-buahan berry, dan bayam. Hindari juga makanan dengan lemak jenuh yang buruk untuk kesehatan jantung.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

2015 © Copyright - Aveiaclinic